3 Alasan Kenapa Kamu Harus Berkurban Tahun Ini

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Berkurban Tahun Ini

Kurban / Qurban adalah salah satu syari’at islam yang telah ada sejak zaman Nabi Adam AS. yakni ketika Allah memerintahkan kepada kedua putra Nabi Adam AS. Habil dan Qabil untuk berkurban.

Selanjutnya perintah untuk berkurban juga datang pada zaman nabi Ibrahim As. ketika ia bermimpi mendapatkan perintah untuk menyembelih anak kesayangannya yakni Ismail. Dalam hal ini, Nabi Ibrahmim beserta putranya Ismail AS, merupakan dua orang yang bertaqwa dan menempatkan kecintaannya kepada Allah diatas segalanya.

Hingga pada Akhirnya di zaman Nabi Muhammad Saw. qurban ditetapkan sebagai salah satu syari’at islam yang dianjurkan kepada seluruh umat muslim yang mampu untuk mengerjakannya.

Idul Adha tinggal menghitung hari, dimana pada tahun ini ibadah haji dibatasi dikarenakan pandemi. Meskipun berbeda dan tidak ada ibadah haji bagi umat muslim yang berada di luar Saudi, namun kesempatan mendapatkan pahala penyempurna iman tetapi terbuka.

Pada hari raya Idul Adha dan bulan Dzulhijjah tersedia limpahan pahala bagi seorang muslim yang ingin meraihnya, pertama puasa Arafah dan yang kedua Ibadah qurban sebagai wujud ketaqwaan hamba kepada Allah swt.

Ibadah qurban sebagai salah satu ibadah yang hanya ada pada hari raya idul adha, menjadi moment yang sangat pas untuk berbagi terlebih pada masa-masa sulit seperti ini.

Selain itu ibadah kurban juga memiliki arti sendiri, yakni menjadi kabar gembira bagi mereka yang membutuhkan, sebab dengan hadirnya Idul Adha dan penyembeliha hewan kurban mereka bisa memakan apa yang biasa dimakan oleh orang yang lebih beruntung darinya.

Ibadah kurban adalah ibadah yang paling dicintai oleh Allah pada hari raya Idul Adha, berikut adalah alasan kenapa kamu harus berkurban tahun ini.

1. Qurban Merupakan Ibadah Yang Hadir Setahun Sekali

Seperti diketahui bersama ibadah qurban adalah ibadah yang hanya ada pada hari raya Idul Adha, artinya kita hanya bisa melaksanakannya satu kali selama satu tahun. Untuk itu bagi sahabat yang memiliki kecukupan harta sebaiknya melaksanakn kurban tahun ini, sebab kesempatannya hanya satu tahun sekali dan kita tidak pernah tahu apakah tahun berikutnya aka nada kesempatan lagi atau tidak.

Selain itu, Rasulullah juga mengecam bagi orang yang mampu berkurban namun tidak mengerjakannya dengan sabdanya sebagai berikut.

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan untuk berqurban namun dia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami” (HR Ibnu Majah, Ahmad dan Al Hakim)

2. Waktu Yang Pas Untuk Berlomba-lomba dalam kebaikan

Berlomba-lomba dalam kebaikan adalah hal yang diperbolehkan dalam islam, dimana dengan berlomba-lomba dalam kebaikan akan menjadikan seorang muslim giat dalam mengerjakan kebaikan. Adapun dalam pelaksanaan ibadah kurban kita bisa memberikan kurban terbaik pada tahun ini, tentunya disesuaikan denga kemampuan diri sendiri. Sebab dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Allah menyukai seorang hamba yang berkurban dengan hewan yang gemuk dan paling mahal.

3. Moment Yang Pas Untuk Berbagi

Pada hewan kurban terdapat sepertiga bagian untuk disedekahkan kepada orang lain, pada masa-masa sulit yang terjadi saat ini membantu adalah cara yang paling utama untuk bangkit bersama-sama. Adapun selain berbagi daging qurban, penyembelihan hewan kurban juga merupakan kabar baik bagi para peternak, sebab hewan ternak mereka bisa laku dan meningkatkan penghasilan mereka.

Mudah Berkurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

“Qurban Bersama Yatim Dhuafa” merupakan program qurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur memberikan kemudahan bagi sahabat semuanya yang ingin melangsungkan kurban tahun ini melalui 3 cara berikut.

Antar Qurban, Bantuan atau hewan qurban dapat diantar langsung ke sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, di Jalan H. Naman no.60 RT / RW 012/003, Pondok Kelapa, Duren Sawit – Jakarta Timur.

Jemput Qurban, Hewan kurban kami ambil di tempat Bapak / Ibu

Transfer Qurban, Transfer ke rekening yayasan, pihak yayasan yang akan membelikan hewan qurban. Sahabat bisa mentransfernya ke rekening berikut.

BRI (Giro) 01.000182.30.4, a.n Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

*Transfer ke BCA dengan kode unik 65 misal : Anda transfer dengan nominal Rp.500.000,- kirim dengan nilai nominal Rp.500.065,-

Kami doakan bapak ibu diberikan kelimpahan rezeki di tahun ini untuk bisa berqurban di yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Hubungi kami untuk informasi lebih lengkap sekarang juga.

Leave a Reply