Apa Warna Hewan Kurban Yang Paling Utama?

Apa Warna Hewan Kurban Yang Paling Utama?

Ketika seseorang hendak melaksanakan ibadah kurban, maka dia dianjurkan untuk memilih hewan terbaik untuk dijadikan kurban. Ada banyak kriteria yang menjadi ukuran hewan terbaik yang telah disebutkan oleh banyak riwayat melalui praktek kurban yang dilakukan oleh Nabi saw, mulai dari jenis hewan, jenis kelamin, anggota tubuh yang lengkap dan postur tubuh yang bagus, dan juga dari warna bulu hewan kurban.

Diantara warna bulu hewan kurban yang paling utama dan paling dianjurkan adalah warna putih. Hewan yang berbulu putih lebih utama dijadikan hewan kurban dibanding yang lain. Hal ini karena nabi saw. pernah berkurban dengan dua domba yang dua-duanya berbulu putih. Disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhori dan Muslim dari Annas bin Malik :

“Nabi Saw. biasa berkurban dengan dua gibas (domba jantan) putih yang bertanduk, lalu beliau mengucapkan nama Allah dan bertakbir, dan beliau meletakan kedua kakinya dipipi kedua gibas tersebut (saat menyembelih), Dalam lafadz lain disebutkan bahwa beliau menyembelihnya dengan tangannya”.

Kata amlahaini dalam hadits diatas semakna dengan ­abyadaini, kedua domba tersebut berwarna putih. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh syaikh wahbah Azzuhaili  dalam kitabnya Al-Fiqhul islami wa Adillatuhu berikut:

“hewan yang berwarna putih lebih utama dibanding yang berwarna abu-abu dan hitam. Hal ini karena nabi saw. pernah berkurban dengan dua domba yang berwarna putih. Kata amlah semakna dengan kata abyadh yaitu putih”.

Menurut Ulama syafi’iyah dan Hanabilah, urutan warna hewan terbaik untuk dijadikan kurban adalah sebagai berikut : Putih, llau kuning, afra’ atau kurang jelas warna putihnya, merah dan belang-belang putih dan hitam. Hewan berbulu hitam menjadi urutan terakhi di antara warna yang lain.

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Ahmad dan Imam Al-Hakim dari Abu Hurairah :

“Darah hewan yang berbulu belang-belang putih dan hitam lebih dicintai Allah dibanding darah hewan yang gelap atau hitam”.

Memilih warna hewan kurban merupakan sunnah yang lain dari pelaksanaan ibadah kurban, yang menjadi patokan diterimanya kurban adalah memenuhi syarat-syarat hewan kurban dan tentunya keikhlasan dari pribadi yang hendak melaksanakannya. Disamping memilih warna hewan kurban sesuai dengan apa yang dikerjakan rasulullah saw. yang lebih utama untuk diperhatikan adalah kesehatan hewan kurban tersebut serta kualitas hewan kurban tersebut, pastikan hewan kurbannya sehat dan gemuk dan tentunya hewan yang terbaik.

Tips Memilih Hewan Kurban Yang Terbaik

Pastikan Usia Hewan Sesuai Dengan Kriteria

Hewan kurban yang baik adalah hewan yang sesuai dengan kriteria usia. Nah sebelum anda memilih hewan kurban pastikan usia hewan tersebut telah mencapai usia yang sesuai dengan kriteria.

Tidak Memiliki Cacat

Salah satu syarat dari hewan kurban adalah hewan tersebut tidak cacat, jadi sebelum memilih hewan kurban pastikan hewan tersebut tidak memiliki cacat, seperti buta, pincang, tanduknya rusak dan lain sebagainya.

Memiliki Nafsu Makan Yang Baik

Salah satu ciri dari hewan yang sehat adalah memiliki nafsu makan yang baik, sebelum membeli atau memilih hewan kurban pastikan ewan tersebut memiliki nafsu makan yang baik. Hewan yang sehat .

Pilih Tempat Dimana Anda Akan Membeli

Memilih tempat untuk membeli hewan kurban juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Sebab lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan hewan tersebut. Jangan sampai kita memilih hewan ternak yang diternakan dilingkungan yang banyak sampah, karena berpotensi mengandung bahan berbahaya bagi tubuh yang akan mengonsumsinya. Pilihlah hewan kurban yang diternak dilingkungan yang bersih dan segar serta jauh dari polusi udara, hal ini jelas akan berpengaruh terhadap kesehatan hewan tersebut.

Leave a Reply