Begini 5 Hikmah Kurban Yang Harus Kamu Ketahui

Begini 5 Hikmah Kurban Yang Harus Kamu Ketahui

Jika sahabat pembaca semuanya bertanya apa amalan yang paling disukai oleh Allah swt. saat Idul Adha, maka jawabannya adalah menyembelih hewan kurban atau berkurban. Maka bagi siapa aja sahabat yang mampu untuk menunaikannya, maka berkurbanlah dengan mengharap ridho dari-Nya. Dimana dalam kurban ini terdapat banyak hikmah yang bisa didapatkan baik bagi pekurban sendiri aupun yang mendapatkan kurban.

Selanjutnya, bagaimana bisa kurban menjadi amalan yang dicintai? Kurban adalah amalan yang akan menyenangkan diri sendiri dan orang lain. Sebab itu kenapa Allah swt. sangat menyukai hambanya yang menyembelih hewan kurban pada hari raya Idul Adha. Dan hikmah selanjutnya, daging yang telah disembelih nantinya bisa dibagikan kepada orang lain selain bisa kita makan.

Allah Swt. bahkan telah menjanjikan limpahan hikmah melaksanakan kurban bagi hamba-Nya yang bertaqwa dan berkurban pada hari raya Idul Adha, berikut adalah beberapa hikmah yang bisa dirasakan oleh pekurban dengan niat mendapatkan ridho Allah.

Ibadah Paling Dicintai Allah Swt.

Ibadah kurban merupakan ibadah yang paling dicintai oleh Allah pada hari raya Idul Adha, Hal itu seperti dikatakan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya sebagai berikut. “bagi anak cucu adam yang melaksanakan qurban di Idul Adha maka akan mendapatkan cinta Nya dan nanti akan berjumpa dengan hewan qurbannya di kiamat kelak”. HR Trimidzi dan Ibnu Majah.

Sabda nabi tersebut menggambarkan bahwa Allah swt. sangat mencintai hamba-Nya yang menunaikan ibadah kurban di Idul Adha. Bahkan bagi mereka yang ikhlas dan hanya mengharap ridha pada Allah swt, maka akan mendapatkan balasan di akhirat kelak.

Meningkatkan Keimanan dan Keislaman Dalam Diri

Berkurban menjadi salah satu cara meningkatkan keimanan pada Allah Swt, dimana dengan melapangkan hati mengeluarkan harta untuk berkurban dan membagikan dagingnya kepada mereka yang membutuhkan. Kurban merupakan sebuah kebaikan bagi seorang muslim, dan amal-amal kebaikan yang dikerjakan seseorang akan menjadi salah satu cara bertambahnya iman seseorang.

Adapun bagi seorang muslim yang memiliki kelapangan dan ia tidak mau berkurban rasulullah bersabda dalam hadits yang diriwayatka Ibnu Maja dan Imam Ahmad “siapa yang memiliki kelapangan namun tidak berqurban maka diharamkan untuk mendekati tempat ibadah kami (masjid). Hal ini jelas, Allah SWT tidak suka pada mereka yang mampu namun enggan untuk berqurban.

Setiap Helai Hewan Kurban Adalah Kebaikan

Seperti dikatakan sebelumnya kurban merupakan ibadah yang sangat dicintai Allah Swt. dan bentuk kecintaan dari Allah tersebut ialah menjadikan setiap helai bulu hewan kurban adalah sebagai kebaikan bagi pekurban.

Rasulullah pernah bersabda bagaimana Allah akan membalas pada mereka yang telah berqurban. Diriwayatkan HR. Ibnu Majah dan Ahmad, jika nantinya satu helai rambut kurban akan dibalas dengan satu kebaikan.

Selanjutnya bahkan rasulullah menambahkan, jika nantinya setiap sehelai bulu dari hewan qurban akan diberikan kepadanya satu kebaikan. Bahkan jika kamu berqurban atas ridho Allah SWT, segala kebaikan akan diberikan kepadamu.

Bentuk Syukur Pada Allah Swt.

Berkurban jadi bentuk syukur hamba pada Allah swt. atas segala kenikmatan yang telah diberikan oleh-Nya. dan bagi seorang hamba yang bersyukur Allah swt. telah berjanji untuk menambah kenikmata yang telah diberikan-Nya.

Mengingat Ketakwaan Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail AS      

Sejarah kurban dimulai dari perjalanan kisah seorang Ayah dan Anak yang saling mencintai dijalan Allah. Hal itu terbukti ketika nabi Ibrahim mendapatkan perintah untuk menyembelih anaknya Ismail As. Dimana dengan ketakawaan keduanya, mereka siap untuk melaksanakan perintah Allah tersebut, meskipun pada akhirnya Allah menggantikannya denga kambing yang diturunkan dari surga.

Ketaatan dan ketakwaan seperti inilah yang seharusnya kita jadikan sebagai suri teladan menjalankan segala perintah Allah serta menjauhi larangannya. Dan berkurban adalah salah satu bentuk ibadah yang menunjukan seberapa besar tingkat keimanan dala diri seseorang, dimana pada saat Idul Adha juga merupakan waktu yang tepat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Yayasan Rahmata Lil-Alalmin Menjembatani bagi siapa saja sahabat yang ingin berkurban ditahun ini melalui program Kurban Bersama Yatim dan Dhuafa’.

Leave a Reply