You are currently viewing Sempurnakan Qurbanmu, Yuk Kenali Ciri-Ciri Hewan Qurban yang Sehat

Sempurnakan Qurbanmu, Yuk Kenali Ciri-Ciri Hewan Qurban yang Sehat

Qurbanku.id – Perayaan hari raya Idul Adha kian dekat, sebagian besar umat Islam mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah qurban. Salah satu persiapan yang paling penting dari ibadah qurban ialah menyediakan atau mencari hewan qurban yang berkualitas, memenuhi syarat, dan tentunya pas dengan kondisi saku calon pequrban.

Sebelum membeli hewan qurban, hendaknya calon pequrban mengenali terlebih dahulu ciri-ciri hewan qurban yang sehat dan memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai hewan qurban. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah menyebutkan  beberapa ciri hewan yang tidak memenuhi syarat atau tidak dapat dijadikan sebagai qurban.

“Empat macam binatang yang tidak boleh dijadikan binatang kurban, yaitu: yang buta lagi jelas kebutaannya, yang sakit lagi jelas sakitnya, yang pincang lagi jelas kepicangannya dan binatang yang kurus kering dan tidak bersih.” (HR Abu Dawud dan Ibn Majah)

Dengan demikian, saat kita hendak membeli hewan qurban, sebisa mungkin kita menghindari untuk membeli hewan qurban dengan tanda-tanda yang telah disebutkan dalam hadits tersebut.

Ciri-ciri hewan qurban sehat

Agar qurbanmu sempurna, yuk kenali ciri-ciri hewan qurban yang sehat untuk dijadikan sebagai hewan qurban.

1. Postur Tubuh Tegap

Postur tubuh hewan yang sehat dan layak dijadikan sebagai hewan qurban haruslah memiliki postur tubuh yang tegap. Tegapnya hewan qurban menjadi tanda bahwa hewan tersebut sehat dan tidak cacat.

2. Nafsu Makan dan Minum Bagus

Selanjutnya, hewan yang tubuhnya sehat ia memilikii nafsu makan dan minum yang bagus.

3. Bagian Anus Bersih

Bagian anus hewan yang kamu pilih haruslah terlihat bersih, karena hal demikian menjadi tanda hewan tersebut bebas dari gangguan pencernaan.

4. Mata Terlihat Jernih

Kesehatan hewan qurban juga dapat dilihat dari matanya, jika matanya bersih terbebas dari kotoran dan air mata maka hewan tersebut sehat dan layak dipilih sebagai hewan qurban.

5. Hidung dan Mulut Tidak Berlendir

Hidung hewan yang sehat akan terlihat bersih dan tidak mengeluarkan ingus, cairan dan bahkan darah. Selanjutnya, bagian mulut hewan yang sehat juga biasanya tidak lendir yang keluar.

6. Bulunya bersih dan mengkilap

Bulu hewan yang sehat memiliki bulu yang mengkilap dan tidak berdiri sehingga layak untuk dijadikan sebagai hewan qurban.

7. Kulitnya Tidak Terluka

Perhatikan kulit hewan yang hendak dijadikan sebagai hewan qurban, pastikan kulit hewan tersebut bersih dari luka apapun.

8. Umur Mencukupi

Umur hewan qurban haruslah memenuhi kriteria umur hewan qurban. Sapi yang akan diqurbankan minimal berusia 2 tahun dan kambung atau domba minimal satu tahu.

Kriteria umur juga dapat dilihat dari fisik hewabn yakni dilihat dari giginya. Hewan yang tumbuh gigi baru, berarti hewan itu udah berusia 2-3 tahun. Adapun gigi baru hewan biasanya terlihat lebih kecil.

9. Tidak Kurus

Hindari membeli hewan kurus sebagai hewan qurban, kemudian kita dapat memilih hewan yang gemuk untuk kita sembelih di hari raya Idul Adha.

Qurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Ciri-ciri hewan qurban sehat

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur mengajak sahabat yatim sekalian untuk berqurban bersama yatim dan dhuafa, yang mana hewan qurban milik sahabat nantinya akan didistribusikan kepada yatim dan dhuafa binaan yayasan di berbagai pelosok daerah.

Yuk berqurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dan terbarkan kebaikan qurban untuk yatim dan dhuafa dengan mengakses tautan berikut ini.

Leave a Reply