Idul Adha Sebentar Lagi, Persiapan Momennya dari Sekarang
Berqurban harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Idul Adha Sebentar Lagi, Persiapan Momennya dari Sekarang

Bulan Juli 2020 nanti Umat Islam seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Iedul Adha setelah sebelumnya merayakan Ied Al Fitri.

Ied adha diperingati setiap tahun sebagai peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah untuk mengorbankan putranya Ismail, kemudian sembelihan atas perintah Allah digantikan dengan domba

Bagi masyarakat muslim di dunia, hari raya Idul Adha adalah hari raya yang tidak kalah penting dibandingkan hari raya Idul Fitri. Idul Adha berlangsung di saat jutaan umat Islam menunaikan ibadah haji di Makkah dan Madinah.

Qurban di Yayasan Rahmatan Lil Alamin
Pembagian daging hewan qurban di Yayasan Rahmatan Lil Alamin tahun lalu.

Umat Islam juga disunnahkan mengerjakan sholat id di pagi harinya dan dilanjutkan melakukan penyembelihan kurban sebagai peringatan peristiwa Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS di ribuan tahun silam.

Anda ingin melaksanakan kurban Idul Adha juga di tahun ini? Selain niat yang kuat, Anda juga wajib mempersiapkan kebutuhan dana pembelian hewan kurban dengan baik.

Simak jurus mempersiapkan dana untuk kurban Idul Adha berikut ini:

1. Survei harga hewan kurban

Hewan yang biasa dikurbankan saathari raya Idul Adha ada berbagai macam pilihan. Mulai kambing, domba, sapi dan kerbau. Anda dapat menyurvei dulu harga hewan kurban yang akan Anda tebus.

Di Indonesia umumnya kambing, domba dan sapi. Tahun 2019 silam di kawasan Jabodetabek bila mengacu dari berbagai situs jual beli online harga yang ditawarkan mulai Rp 1,8 juta hingga Rp 2,5 juta ekor untuk kambing.

Sementara harga sapi dengan ukuran 300 kg – 350 kg berkisar Rp 18 juta hingga Rp 20 juta

Begitu juga untuk domba garut yang kisaran harganya tidak berbeda. Adapun sapi, harganya di atas Rp20 juta per ekor.

Bahkan untuk sapi yang cukup besar, harganya bisa di atas Rp30 juta per ekor. Anda mungkin terkejut karena ternyata harga hewan kurban bisa lebih murah dari harga gadget yang bisa di atas Rp5 juta.

Di tahun 2020 ini, kambing dengan bobot badan 23 – 38 kg, dibanderol dengan harga Rp. 2,5 – 3,8 juta.

Sedangkan untuk harga domba dengan bobot badan 23 – 38 kg, dibanderol dengan harga Rp. 2,2 – 3,6 juta.

2. Cek Tabungan

Sesuaikan pilihan hewan kurban dengan kemampuan tabungan sehingga niat kamu beribadah kurban tahun ini berjalan baik.

Membeli hewan kurban dasarnya adalah bagian dari pengeluaran rutin tahunan. Jadi, bila sudah jauh-jauh hari sebelumnya mempersiapkan dana atau mengambil dananya dari pendapatan tahunan, membeli hewan kurban seyogyanya tidak masalah.

Tapi, bagaimana jika sampai sekarang ini Anda belum memiliki persiapan? Selama niatnya kuat, ada banyak langkah yang bisa di tempuh sebagai upaya menyisihkan sebagian penghasilan khusus untuk membeli hewan kurban dengan menghemat beberapa pos pengeluaran lainnya.

Misalnya, mengurangi pos pengeluaran untuk kebutuhan gaya hidup seperti liburan di akhir pekan, pembelian pakaian dan sebagainya.

Bila ternyata jika sudah menghitung kemampuan kantong ternyata masih belum cukup, Anda diperbolehkan mencairkan salah satu aset yang Anda miliki misalnya menjual emas atau salah satu barang berharga koleksi lainnya.

3. Berqurban: sendiri atau patungan?

Cara lain agar mudah bisa berkurban adalah memilih kurban patungan.

Namun, kurban patungan hanya dapat untuk kurban sapi. Sesuai aturan Islam, Anda bisa membeli secara patungan hewan qurban sapi sebanyak 7 orang.

Mari berhitung, jika harga sapi sekitar Rp25 juta, maka dengan cara patungan, Anda bisa menyiapkan dana sekitar Rp3,5 juta per orang.

Bila ingin tetap melakukan kurban sendiri, Anda dapat ikut program kurban Idul Adha yang banyak diselenggarakan lembaga zakat dan Lembaga sosial.
Banyak penawaran kurban yang dapat diikuti dengan biaya mulai Rp2,3 juta untuk kurban kambing.

Keuntungan ikut kurban bersama lembaga zakat dan lembaga sosial lainnya seperti Yayasan Rahmatan Lil Alamin adalah, Anda tidak perlu pusing mencari hewan kurban sendiri apalagi sampai memeliharanya sendiri.

Cukup dengan mentransfer sejumlah uang kepada lembaga zakat/Lembaga sosial tersebut, Anda sudah ikut berkurban. Praktis, bukan?

4. Persiapkan kurban untuk tahun depan

Agar dapat berkurban setiap tahun, Anda perlu memiliki persiapan yang matang. Bisa melalui cara menabung atau menyisihkan uang setiap bulan sebelum hari raya kurban datang, jadi tidak perlu bingung memakai dana apa untuk membeli hewan kurban nantinya.

Jika dikalkulasi, ingin kurban kambing di tahun depan seharga Rp 4 juta per ekor, cukup menyisihkan uang Rp322,652 per bulan di instrument investasi yang mampu tumbuh 6% per tahun. Misalnya, di reksadana pasar uang.

Atau ikut kerjasama permodalan dengan sahabat ataupun saudara yang bisa menghasilkan keutungan sebesar Rp 322.000/bulannya.

Dengan niat dan perencanaan keuangan yang baik dan matang, Anda dapat memastikan tiap tahun melaksanakan ibadah kurban.

Selamat menyambut Idul Adha dan merencanakan keuangan Anda menjelang hari raya Kurban 2020.

Leave a Reply