You are currently viewing Jangan Ragu untuk Berqurban, Sebab Tidak Ada yang Mahal Jika Allah yang Minta

Jangan Ragu untuk Berqurban, Sebab Tidak Ada yang Mahal Jika Allah yang Minta

Qurbanku.id – Ibadah qurban secara hukum ialah sunnah muakad, artinya sunnah yang sangat dianjurkan atau sunnah yang mendekati wajib. Namun, salah satu ulama yakni Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa berqurban menjadi wajib bagi mereka yang mampu dan sedang tidak dalam keadaan bepergian.

Allah Swt. berfirman : “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah.” (QS Al Kautsar : 2-3)

Setiap orang pasti menginginkan dirinya untuk menunaikan ibadah qurban setiap tahunnya, namun terkadang banyak sekali pertimbangan yang membuatnya mengurungkan niat untuk berqurban.

Hal ini tentunya tidak salah dan sangat manusiawi. Namun, hidup bukanlah perkara dunia melainkan ada perkara ibadah yang harus ditunaikan.

Tak sedikit orang yang menjadi ragu untuk berqurban karena harga hewan yang mahal. Padahal dalam perkara ibadah tidak ada yang mahal jika Allah yang minta. Allah akan mengganti apa yang dikeluarkan dalam perkara ibadah, bahkan dengan balasan yang berlipat ganda.

Sahabat, keikhlasan adalah hal yang utama dalam beribadah. Kita bisa mengingat kembali kisah Nabi Ibrahim yang mengikhlaskan anak semata wayangnya, Ismail anaknya yang didamba-dambakan kelahirannya.

Namun, melalui perintah Allah yang datang melalui mimpinya, Ibrahim harus rela menyembelihnya karena perintah Allah Swt. Tentunya ketika keikhlasan itu telah tumbuh dalam diri hamba-Nya, Allah akan menggantinya dengan hal yang jauh lebih baik dan bahkan tidak disangka-sangka.

Melalui kisah nabi Ibrahim tersebut, kita dapat mengambil pelajaran yang amat berharga yakni ketika keyakinan akan perintah Allah tumbuh tanpa keraguan sedikitpun pasti ada kebaikan yang akan kembali kepada hamba-nya.

Qurban merupakan bagian kecil dari ibadah sosial seperti halnya zakat. Ibadah yang menunjukan jiwa sosial dan peduli dengan kebersamaan.

Baca Juga: Doa Menyembelih Hewan Qurban

Dengan ibadah qurban yang ditunaikan, pada hari raya Idul Adha semuanya menikmati makanan enak, senang dan memiliki kandungan gizi yang baik. Orang yang sebelumnya sangat langka sekali makan daging, dengan adanya qurban bisa merasakan nikmatnya makan daging.

Yuk tekadkan diri untuk berqurban  tahun ini, jangan ragu lagi karena tidak ada yang mahal jika itu adalah perintah Allah.

Teguhkan niat qurbanmu tahun ini dan segera daftar qurban dengan mengakses tombol di bawah ini.

Leave a Reply