Ketahui 5 Hal ini Sebelum Berkurban Di Rahmatan Lil-Alamin

Ketahui 5 Hal ini Sebelum Berkurban Di Rahmatan Lil-Alamin

Qurban/Kurban ialah amalan sunnah pada hari raya Idul Adha yang sangat dianjurkan bagi seorang muslim yang mampu melaksanakannya. Sebagian ulama juga ada yang berpendapat bahwa ibadah kurban menjadi wajib kepada mereka yang mampu.

Adapun hukum menyerahkan semua proses ibadah kurban ke yayasan sosial atau panitia-panita kurban sama dengan halnya melakukan praktik wakalah atau perwakilan. Islam membolehkan praktik wakalah dalam beberapa ibadah seperti zakat, haji dan praktik-praktik muamalah lainnya.

Para ulama bersepakat untuk membolehkan wakalah, hal ini dikarenakan praktek wakalah sangat dibutuhkan dalam rangka meringankan hajat antara seorang muslim dengan muslim yang lainnya. selain itu, setiap orang juga tidak selamanya bisa memenuhi hajat hidupnya sendirian, sehingga wakalah menjadi solusi dalam hal ini.

Praktik wakalah dalam ibadah kurban pernah dilakukan oleh Nabi Saw.Beliau pernah menyerahkan penyembelihan hewan unta dan pembagiannya kepada Sayidina Ali. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Sayidina Ali, dia berkata;

“Nabi Saw. memerintahkan padaku untuk mengurus unta milik beliau, lalu beliau memerintahkan untuk membagi semua daging kurban, kulit dan jilalnya (kulit yang ditaruh di punggung unta untuk melindungi diri dari dingin) untuk orang-orang miskin. Dan aku tidak boleh memberikan bagian apa pun dari hasil kurban kepada tukang jagal (sebagai upah).”

Yayasan Rahmatan lil-Alamin sebagai lembaga sosial yang telah memiliki banyak pengalaman dalam mengelola semua proses kurban, membuka layanan kurban dari mulai pembelian dan penampungan hewan kurban sampai ke pendistribusian hewan kurban.

Nah, sebelum sahabat melaksanakan kurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin, berikut adalah lima hal yang harus sahabat ketahui terlebih dahulu.

1. Harga Hewan Yang Tersedia Merupakan Harga Terbaik

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin menyediakan hewan kurban dengan harga yang terbaik, dimana hewan kurban tersebut merupakan hasil kerja sama dengan pemasok hewan kurban yang merupakan peternak lokal. Pihak yayasan memberikan harga terbaik, dimana dalam harga tersebut tidak akan berubah sampai menjelang hari raya/pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

2. Kemudahan Transaksi

Bagi sahabat yang ingin berkurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin akan mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi dengan layanan Transfer Qurban, sahabat tinggal memilih hewan kurban yang tersedia, dan pihak yayasan yang akan membelikan hewan kurban tersebut.

3. Laporan Lengkap dan Transaparan

Sudah menjadi misi Yayasan Rahmatan Lil-Alamin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para donatur yayasan, salah satunya dengan adanya laporan yang lengkap dan transparan. Selain itu, laporan tersebut akan disertai dengan dokumentasi kegiatan Qurban.

4. Sesuai Dengan Syari’at Qurban

Untuk menjaga kualitas hewna kurban yang disembelih, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin sangat memperhatikan syarat dan ketentuan kurban yang sesuai dengan syari’at islam dari mulai kriteria hewan kurban, penyembelihan sampai proses pendistribusian hewan/daging kurban. Selain itu, semua proses

5. Disalurkan Tepat Sasaran

Hewan/Daging kurban akan disalurkan ke berbagai tempat binaan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, dimana sebagian besar penerima manfaat ialah kaum dhuafa (Fakir dan Miskin) serta anak-anak yatim binaan yayasan.

Jemput Qurban, Mudahkan Qurban Anda Ditengah Pandemi

“Jemput Qurban” merupakan salah satu program qurban Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur yang dihadirkan untuk memberikan kemudahan kepada para calon pekurban dalam menunaikan ibadah qurbannya. Dimana hewan kurban akan dijemput langsung oleh petugas ke rumah para calon pekurban.

Jemput Qurban juga diharapkan menjadi salah satu jawaban bagi para calon pekurban yang ingin menunaikan ibadah kurbannya dengan aman ditengah wabah pandemi yang melanda saat ini.

Nah bagi sahabat yang ingin menunaikan kurbannya tahun ini dengan aman, bisa menggunakan layanan jemput program kurban. Caranya tinggal menghubungi Contact Person kami dan memberikan alamat serta jumlah dan jenis hewan kurban sahabat, selanjutnya pihak panitia akan menjemput hewan kurban ke rumah anda.

Yuk Segera wujudkan niat berkurban anda dengan cara mendaftarkan diri sebagai pekurban Yayasan Rahmatan Lil-Alamin jakarta Timur, semoga sahabat semua diberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan ibadah kurban tahun ini. Informasi lengkap hubungi Contact Person kami di 021 – 86905367.

Leave a Reply