You are currently viewing Keutamaan Menyembelih Hewan Qurban

Keutamaan Menyembelih Hewan Qurban

Qurbanku.id – Setiap anjuran atau ibadah yang dikerjakan oleh seorang muslim memiliki keutamaan bagi siapa saja yang mengerjakannya, dalam hal ini ada beberapa keutamaan menyembelih hewan qurban yang akan didapatkan oleh seorang pequrban.

Menyembelih hewan qurban sendiri merupakan salah satu anjuran ibadah dalam islam setiap bulan Dzulhijah atau lebih tepatnya pada hari raya Idul Adha dan hari tasyrik. Penyembelihan hewan qurban sendiri pada dasarnya memiliki tujuan agar umat islam dapat mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan ampunan serta ridha-Nya.

Penyembelihan hewan qurban juga disyariatkan agar umat islam mampu membiasakan diri ikhlas dalam ucapan dan amal perbuatan. Berikut adalah beberapa keutamaan menyembelih hewan qurban yang dapat diperoleh

Berikut adalah beberapa keutamaan menyembelih hewan qurban yang akan diperoleh seseorang yang melaksanakannya.

Keutamaan Menyembelih Hewan Qurban
Packing daging qurban untuk disalurkan kepada yang berhak.

1. Bentuk syukur dan taqarrub kepada Allah

Penyembelihan hewan qurban merupakan bentuk ikhtiar agar lebih dekat dengan Allah dan rasa syukur atas nikmat-Nya yang tak terhingga. Untuk mendekatkan diri kepada Allah dan bersyukur atas nikmatnya, kita diperintahkan untuk mendirikan shalat dan juga menyembelih hewan qurban pada bulan Dzulhijjah atau hari raya Idul Adha dan hari tasyrik.

Ibadah qurban yang hanya dianjurkan setahun sekali merupakan ibadah yang semestinya diikhtiarkan dengan sungguh-sungguh bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk melaksanakannya. Maka dari itu, rasa syukur dan taqarrub kepada Allah ini kita lakukan dengan berikhtiar untuk melaksanakannya selama masih memiliki kemampuan.

2. Memperoleh Ampunan dari Allah

Keutamaan menyembelih hewan qurban berikutnya ialah mendapatkan ampunan dari Allah, yang mana ampunan tersebut mulai dari tetes darah pertama hewan qurban yang disembelih tersebut. Rasulullah SAW dalam haditnya pernah bersabda kepada putrinya yakni Fatimah ketika hendak menyembelih hewan qurban.

”Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah: Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah SWT, Rabb alam semesta.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi)

Pada hakikatnya, hewan yang diqurbankan itu baik darahnya, dagingnya, dan tulangnya tidak sampai kepada Allah, melainkan yang sampai kepada Allah ialah ketakwaan kita.

Adapun berkaitan dengan syarat hewan quran yang gemuk, tidak cacat, dan tidak kurus menunjukan ketulusan kita untuk memberikan harta terbaik yang kita miliki untuk diqurbankan.

3. Amalan yang paling dicintai Allah

Menyembelih hewan qurban pada hari raya Idul Adha merupakan ibadah anak adam yang paling dicintai Allah pada hari itu. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi sebagai berikut.

Dari Aisyah R.A, Rasulullah telah bersabda tentang keutamaan orang-orang yang melaksanakan ibadah qurban: “Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan hakim).

4. Hewan qurban akan menjadi saksi

Hewan yang kita sembelih pada hari raya Idul Adha dan hari tasyrik sebagai hewan qurban kelak akan menjadi saksi bagi para pequrban di hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya hewan qurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

Menurut Imam Timidzi hadits tersebut merupakan hadits hasan, sedangkan menurut Imam Hakim berpendapat bahwa isnadnya shahih. Sebagian ulama mengatakan isnadnya lemah. Namun karena hadis tersebut mengandung ajaran tentang keutamaan qurban, hadis tersebut tidak tercela.

5. Pahala yang besar

Bagi siapa saja yang berkesempatan untuk menyembelih hewan qurban, ia akan mendapatkan pahala yang sangat besar dari-Nya, yakni diumpamakan seperti banyaknya bulu dari binatang yang disembelih. Hal tersebut disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya yang berbunyi:

”Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

6. Kesadaran dan kepedulian sosial

Menyembelih hewan qurban dari dimensi vertikal merupakan bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah supaya dapat memperoleh keridhoan-Nya. Sedangkan dari dimensi horizontal ibadah qurban termasuk ke dalam ibadah sosial yang bertujuan untuk membahagiakan kaum fakir miskin pada hari raya Idul Adha, yang mana pada hari raya Idul Fitri mereka digembirakan dengan zakat fitrah.

Baca Juga: Definisi dan Hukum Menyembelih Hewan Qurban

Dengan demikian, saat menyembelih hewan qurban disamping menyisihkan secukupnya untuk konsumsi keluarga, hendaklah daging qurban diberikan kepada mereka yang membutuhkan atau fakir miskin. Allah Ta’ala berfirman:

“Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.” (QS. Al-Hajj: 28)

Leave a Reply