You are currently viewing Tiga Makna Qurban Bagi Umat Islam

Tiga Makna Qurban Bagi Umat Islam

Qurbanku.id – Sahabat, menyembelih hewan qurban merupakan salah satu ibadah sunah yang dianjurkan pada hari raya Idul Adha. Agar memiliki semangat untuk mewujudkan impian qurbanmu tahun ini, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu makna qurban bagi umat islam yang akan dibahas dalam artikel ini.

Idul Adha bagi umat islam memmiliki dua peristiwa yang memiliki makna masing-masing. Dua peristiwa tersebut antara lain adalah ibadah haji dan qurban. Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang wajib ditunaikan oleh seorang muslim yang mampu.

Kemudian, qurban sendiri merupakan prosesi penyembelihan hewan yang dilaksanakan pada hari raya Idul Adha bagi umat islam yang tidak menjalankan ibadah haji. Qurban sendiri termasuk ke dalam ibadah sunah muakad, artinya ibadah sunah yang mendekati wajib.

Makna Qurban Bagi Umat Islam
Makna qurban bagi umat islam.

Makna Penyembelihan Hewan Qurban Bagi Umat Islam

Penyembelihan hewan qurban yang dilakukan oleh umat islam pada hari raya Idul Adha dan hari tasyrik disebutkan sebagai ibadah terbaik dan paling dicintai oleh Allah SWT. Hewan yang boleh dijadikan sebagai hewan qurban antara lain unta, sapi, dan kambing atau domba.

Penyembelihan hewan qurban juga disebutkan sebagai upaya atau ikhtiar umat islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Berikut adalah tiga makna qurban bagi umat islam.

1. Merupakan Wujud Ketaqwaan

Selain shalat dan zakat, penyembelihan hewan qurban juga memiliki nilai yang sama yakni sebuah upaya untuk menunjukan ketaatan kepada Allah SWT. Hal tersebut dapat dilihat dari salah satu tujuan dari ibadah qurban yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selanjutnya, dalam melaksanakan ibadah qurban, seorang perqurban harus berjuang dengan sungguh-sungguh untuk mengendalikan hawa nafsu dan ego diri sendiri. Hal tersebut dapat dilihat dari upaya yang dilakukan pequrban untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk kemudian dibelikan hewan qurban satu kali dalam satu tahun.

2. Bentuk Rasa Syukur pada Sang Pencipta

Syukur merupakan bentuk kesadaran diri bahwa segala hal yang dinikmati saat ini merupakan pemberian dari Allah SWT, mulai dari harta kekayaan hingga kehidupan yang dijalani hingga detik ini. Syukur juga merupakan proses penyadaran diri bahwa semua yang ada di muka bumi ini hanyalah sementara dan merupakan titipan dari Sang Pencipta. Dengan demikian, bersyukur merupakan cara terbaik untuk menjadikan hidup ini lebih bermakna.

Berqurban merupakan salah satu cara untuk bersyukur kepada Allah.  Berqurban juga merupakan ibadah yang paling disukai oleh Allah SWT pada hari raya Idul Adha. Menyisihkan harta untuk dibelikan hewan qurban tentunya tak akan mengurangi harta. Sebab, semakin kita bersyukur dan semakin ikhlas dalam menunaikan ibadah qurban maka kita akan semakin bermurah hati dan dipastikan semakin bahagia.

3. Berempati dengan Membantu Sesama

Bagi sebagian orang, menyantap daging tak selalu rutin dilakukan. Dengan demikian, adanya menu daging di rumah bisa menjadi sebuah kemewahan. Adapun salah satu tujuan dari ibadah qurban yakni membantu sesama khususnya mereka yang kurang mampu melalui pendistribusian daging qurban.

Melalui pendistribusian daging qurban, kebersamaan dan silaturahmi dengan sesama nantinya akan tumbuh. Mereka yang berkecukupan akan membantu siapa saja yang kurang beruntung. Tentunya hal tersebut dapat meningkatkan persaudaraan antar sesama Qurban membuat semua orang bisa merasakan lezatnya menyantap daging dirumah bersama keluarga.

Demikian makna qurban bagi umat islam khususnya bagi ia yang menunaikannya. Sebagai ibadah yang hanya ada satu tahun sekali, jangan sampai kita semua kehilangan momen tersebut. Mari mulai niatkan untuk berqurban tahun ini serta ajak teman ataupun saudara untuk juga menunaikannya.

Semua Bisa Berqurban

Qurban merupakan salah satu ibadah yang hanya dapat dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, artinya kesempatan untuk melakukan penyembelihan hewan qurban hanya ada satu kali dalam satu tahun. Berdasarkan hal itu, kita semua dianjurkan untuk bersungguh-sungguh meneguhkan niat qurban dan mewujudkannya.

Pada dasarnya, kita semua bisa berqurban berdasarkan caranya masing-masing. Mulai dari menabung sejumlah uang untuk kemudian dibelikan hewan qurban maupun bagi para petani dengan cara beternak atau mengurusi hewan yang dapat dijadikan sebagai hewan qurban.

Baca Juga: Empat Kriteria Hewan Qurban

Mari teguhkan kembali niat untuk mewujudkan ibadah qurban tahun ini. Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur akan membersamaimu mewujudkan ibadah qurbanmu tahun ini dengan tiga program qubran yakni, Tabungan Qurban, Antar Qurban, dan Transfer Qurban.

Yuk update terus informasi tentang qurban di platform qurbanku.id dan wujudkan impian qurbanmu bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Leave a Reply