You are currently viewing Manfaat Qurban, Mengikis Kesenjangan Mempererat Persaudaraan

Manfaat Qurban, Mengikis Kesenjangan Mempererat Persaudaraan

Manfaat Qurban  – Hari raya Idul Adha menjadi momentum yang dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia termasuk Indonesia. Pada hari itu ada penyembelihan hewan Qurban sebagai bentuk ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Hari Raya Idul Adha juga merupakan momentum yang tepat untuk berbagi kebahagiaan kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu dan mengalami kelaparan.

Pandemi Covid-19 yang menghantam berbagai aspek kehidupan menyebabkan terjadinya peningkatan angka kemiskinan di Indonesia. Tidak sedikit masyarakat yang mengalami kekurangan dan kelaparan ditengah pandemi ini karena hilangnya mata pencaharian.

Momen ibadah qurban tentunya menjadi kesempatan bagi umat islam untuk sedikit demi sedikt mengikis kesenjangan dan merajut tali persaudaraan melalui penyembelihan hewan qurban. Penyembelihan hewan qurban selain sebagai ritual ibadah yang dianjurkan pada hari raya Idul Adha  juga mengandung nilai kemanusiaan dan persamaan dengan sesama.

Manfaat Qurban | Kurban Bersama Yatim dan Dhuafa'
Tim pendistribusian daging qurban Yayasan Rahmatan Lil-ALamin

Hanya pada momen qurban inilah semua orang memiliki persamaan untuk sama-sama merasakan nikmatnya daging hewan qurban. Namun, pada kenyataannya orang yang kurang mampu dan kelaparan sering kali terlewatkan dan tidak ikut serta merasakan nikmatnya hidangan daging qurban pada hari raya Idul Adha.

Hal ini tentunya menjadi kesedihan tersendiri bagi mereka karena tidak yang bisa mereka nikmati di hari raya qurban. Sedangkan, dilain sisi ada sebagian orang yang justru memiliki kelebihan daging yang berlebih. Hal tersebut menjadikan terjadinya kesenjangan dan ketidakadilan dalam pendistribusian hewan qurban.

Penyebab Tidak Meratanya Sebaran Daging Qurban

1. Penyembelihan hewan lebih sering dilaksanakan di tempat orang berada dan penyembelihan yang dilakukan cenderung tidak memperhatikan nilai sosial yang ada pada ibadah qurban. Artinya ibadah qurban hanya dilakukan sebagai ritual saja.

2. Pendistribuan hewan qurban kurang memperhatikan daerah yang seharusnya menjadi prioritas yakni daerah yang terpinggirkan, miskin dan terpencil.

3. Kurang adanya identifikasi tempat qurban di daerah yang memiliki tingkat kemiskinan yang betul-betul membutuhkan dan kurang tersentuh. Artinya ibadah qurban seringnya hanya dilakukan diberbagai masjid atau komplek yang notabennya diisi oleh para aghnia atau orang berada.

Baca Juga : Qurban Terbaik, Kisah Habil dan Qabil

Qurban Untuk Yatim dan Dhuafa’

Manfaat Qurban | Kurban Bersama Yatim dan Dhuafa'
Qurban untuk yatim dan dhuafa’

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur setiap tahun mengadakan program qurban dengan mengusung tema “Qurban Bersama Yatim dan Dhuafa”. Program Qurban tersebut ditujukan untuk membantu umat islam dalam merealisasikan rencana ibadah qurban serta menghadirkan manfaat qurban yang lebih luas.

Selain membantu umat islam untum merealisasikan ibadah qurbannya, melalui program ini pihak yayasan juga berharap dapat memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian hewan qurban.

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin mengadakan program layanan qurban dari mulai pembelian hewan qurban, penyembelihan dan pendistribusian daging qurban. Pihak yayasan bekerja sama dengan peternak lokal sebagai pemasok kebutuhan hewan qurban, sehingga manfaat qurban selain dirasakan oleh penerima daging qurban juga dirasakan oleh para peternak lokal.

Penyembelihan hewan qurban akan disentralkan disekitar kantor pusat dan cabang-cabang yang ada di beberapa daerah. Selanjutnya dalam proses pendistribusiannya daging qurban akan didistribusikan kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan yakni anak-anak yatim dan kaum dhuafa’ di berbagai pelosok desa.

Yuk, berqurban bersama yatim dan dhuafa’ di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur untuk manfaat qurban yang lebih luas. Sahabat bisa memilih layanan qurban kami sebagai berikut.

1. Antar Qurban.

Sahabat bisa mengantarkan hewan qurban terbaik sahabat ke kantor sekretariat kami yang berada di Jalan H. Naman No. 60 RT/RW 12/03 Pondok Kelapa-Jakarta Timur.

2. Jemput Qurban  

Sahabat yang berniat untuk berqurban dan telah memiliki hewan qurban dapat menggunakan layanan jemput qurban. Daftarkan diri terlebih dahulu dan masukan alamat rumah atau kantor sahabat, kemudian petugas kami akan menjemput qurban terbaik sahabat.

3. Transfer Qurban

Lakukan pendaftaran dan transfer jumlah uang sesuai dengan hewan pilihan sahabat. Pihak yayasan membelikan hewan qurban untuk anda.

Sahabat bisa menunaikan qurban bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan cara menghubung kontak person kami atau mengakses link dibawah ini.

https://indonesiaberbagi.id/program/qurban/

Tinggalkan Balasan