You are currently viewing Praktikan 6 Tips Memilih Hewan Qurban Terbaik Berikut Ini
(Foto: Pixabay)

Praktikan 6 Tips Memilih Hewan Qurban Terbaik Berikut Ini

Qurbanku.id – Memilih hewan qurban terbaik merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah penyembelihan qurban di hari raya Idul Adha.

Hal itu sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Al Baihaqi, Hakim bahwa Nabi SAW bersabda:

“Sesungguhnya qurban yang paling dicintai Allah adalah hewan paling mahal dan paling gemuk.”

Hewan paling mahal dan paling gemuk dalam hadits diatas dapat dipahami sebagai hewan qurban terbaik, baik diri segi kualitas hewan maupun dari segi pemenuhan syarat hewan qurban.

Baca Juga: Harga Hewan Qurban Terjangkau dan Berkualitas

Syarat Hewan Qurban

Memilih Hewan Qurban Terbaik
(Foto: Pixabay)

Pemilihan hewan qurban tidak dapat dilakukan secara asal. Sebab, hewan qurban memiliki ketentuan dan syarat tersendiri untuk bisa dikatakan bahwa hewan tersebut sah dijadikan sebagai hewan qurban.

Nah, sebelum memilih hewan qurban terbaik, kamu dapat mengetahui terlebih dahulu syarat hewan qurban sesuai dengan syariat. Berikut adalah beberapa syarat hewan qurban yang harus kamu ketahui.

1. Jenis Hewan

Syarat pertama dari hewan qurban ialah hewan tersebut termasuk ke dalam jenis hewan ternak yakni unta, sapi, kambing dan domba.

2. Status Kepemilikan

Syarat yang kedua ialah hewan qurban yang akan disembelih harus merupakan hewan milik sendiri dan dibeli dengan uang yang didapatkan dengan cara yang halal. Artinya, bukan hewan milik orang lain, gadai, ataupun hewan yang diperoleh dengan cara mencuri.

3. Kondisi Hewan Qurban

Syarat ketiga ialah hewan qurban harus berada dalam keadaan sehat dan tidak cacat. Berikut adalah empat cacat yang menjadikan hewan tidak sah untuk dijadikan sebagai hewan qurban.

– Salah satu matanya buta.

– Hewan tersebut sakit dan jelas telah terjangkit.

– Hewan yang pincang.

– Hewan yang kurus hingga sumsumnya tidak terlihat.

4. Usia Hewan Qurban

Syarat keempat ialah hewan qurban harus memenuhi kriteria umur. Berikut adalah kriterianya.

– Unta genap 5 tahun, masuk tahun keenam.

– Sapi genap 2 tahun, masuk tahun ketiga.

– Kambing genap 1 tahun, masuk tahun kedua.

– Domba genap 6 bulan, masuk bulan ketujuh.

Selangkapnya Baca Juga: Kriteria Hewan Qurban Sesuai Syariat

Tips Memilih Hewan Qurban Terbaik

Memilih Hewan Qurban Terbaik
(Foto: Pixabay)

Sebelum membeli hewan qurban, ketahui dan praktikan lima tips memilih hewan qurban terbaik berikut ini.

1. Perhatikan Umur Hewan

Seperti disebutkan sebelumnya hewan qurban hendaknya memenuhi kriteria hewan yang telah ditentukan syariat. Caranya, kamu dapat menanyakan kepada pemilik atau penjual hewan qurban di tempat kamu membelinya.

2. Pastikan Sehat dan Tidak Memiliki Cacat

Hewan yang cacat tidak sah dijadikan sebagai hewan qurban, dengan demikian saat kamu memilih hewan qurban pastikan hewan tersebut tidak cacat dan berada dalam keadaan sehat.

Pastikan hean tersebut tidak buta dan jelas sekali kebutaannya, sakit, pincang dan sangat kurus.

3. Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Kondisi fisik hewan pada dasarnya memiliki pengaruh terhadap nafsu makannya. Hewan yang sehat akan memiliki nafsu makan yang baik.

Pastikan hewan yang kamu pilih untuk dijadikan sebagai qurban memiliki nafsu makan yangh baik, lincah, matya bersinar, dan bulu tidak kusam.

4. Perhatikan Tempat Membeli Hewan Qurban

Carilah hewan qurban yang dijual atau dipelihara ditempat yang jauh dari polusi udara dan tumpukan limbah sampah.

Lingkungan tempat jual atau pelihara hewan qurban yang bersih dan jauh dari polusi udara memiliki pengaruh yang besar pada tingkat stres dan kesehatan hewan qurban.

5. Jika Memilih Beli Hewan Qurban Online, Pastikan Lembaganya Terpercaya

Jika kamu memilih hewan qurban online, pastikan penyedia layanan qurban online tersebut adalah platform terpercaya.

Selain itu, tanyakan juga kondisi hewan yang dijual mulai dari usia hewan, kesehatan hewan, dan jika perlu tanyakan juga lokasi kandang hewan qurban tersebut.

Baca Juga: Tips Beli Hewan Qurban Online Aman dan Praktis

Qurban Mudah dan Praktis di Qurbanku.id

Qurbanku.id adalah platform layanan qurban online Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur yang diharapkan dapat memudahkan sahabat kebaikan yayasan serta umat Islam pada umumnya untuk mewujudkan niat berqurban setiap tahunnya.

Bagi kamu yang sudah siap berqurban tahun ini, segera daftarkan diri sebagai pequrban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Daging qurban yang disembelih nantinya akan disalurkan kepada anak yatim dan dhuafa di berbagai pelosok daerah binaan yayasan.

Siap berqurban? Yuk daftar qurban sekarang dengan menekan tombol di bawah ini.

Leave a Reply