Pengertian Dan Anjuran Untuk Melaksanakan Ibadah Qurban

Pengertian Dan Anjuran Untuk Melaksanakan Ibadah Qurban

Setiap tahun tepatnya pada tanggal 10 Zulhijah, semua umat islam diseluruh penjuru dunia yang tidak melaksanakan ibadah haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, seluruh umat islam yang mampu juga diperintahkan untuk menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagikan kepada siapa saja yang layak menerimanya. Lalu apakah sebenarnya qurban itu? simak penjelasannya sebagai berikut.

Qurban berasal dari bahasa arab yang berasal dari kata Qaraba yang artinya dekat atau sesuatu yang dekat. Selain kata qurban juga sering disebut dengan istilah Al-Udhhiyyah dan Adh-dhaiyyah yang berarti hewan sembelihan (unta,sapi, kerbau dan kambing) dimana hewan tersebut disembelih pada hari raya idul Adha dan hari tasyrik (11,12,13 Zulhijah) sebagau bentuk upaya mendekatkan diri kepada Allah swt.

Qurban merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan atau sunnah muakaddah, dengan tujuan agar semua orang menyebut serta mengingat nama Allah sehingga lebih dekat dengan-Nya. selain itu qurban juga merupakan bentuk syukur seorang hamba kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya.

Allah swt. berfirman.

Bagi orang yang mampu dan tidak melaksanakan penyembelihan hewan qurban maka ia dihukumi makruh. Bahkan rasulullah sendiri berkata dengan tegas dalam sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra “ barang siapa yang mendapatkan akan tetapi ia tidak melaksanakan Qurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami”.

Nilai Yang Terkandung Dalam Pelaksanaan Ibadah Qurban

Qurban merupakan salah satu bentuk ibadah yang bisa menjadi fasilitas bagi seorang muslim untuk mendapatkan fasilitas pertolongan dari Allah swt. ketika ia berada dalam keadaan sempit baik didunia maupun di akhirat. Dengan demikian, bagi siapa saja yang memiliki harta yang cukup, maka laksakanlah Ibadah qurban pada tahun ini, sebab kita tidak mengetahui kapan usia ini berakhir, jadi sebaiknya kita mengerakannya meskipun hanya niat terlebih dahulu.

Setiap perintah Allah pada dasarnya memiliki nilai atau makna yang terkandung didalamnya, begitupuin dengan pelaksanaan ibadah qurban, berikut adalah nilai atau makna dari pelaksaan ibadah qurban.

Mendekatkan diri kepada Allah

Dari pengertian juga dapat kita lihat bahwa tujuan dari pelaksanaan ibadah qurban adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah. dimana mendekatkan diri kepada Allah merupakan solusi yang sangat tepat untuk mengatasi berbagai masalah dan persoalan hidup kita. Allah sangat mencinati orang yang senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya.

Mengikis Segala Kesulitan-Kesulitan Dalam Hidup

Tidak ada satupun manusia dimuka bumi ini yang bisa terhindar dari yang namanya ujian. Dimana salah satu bentuk ujian dari Allah ini adalah bentuk kesulitan-kesulitan dalam kehidupan. Adapun cara mengahadapi kesulitan adalah dengan cara mendekatkan diri kepada Allah. ssalah satu cara dari mendekatkan diri kepada Allah ialah dengan melaksanakan ibadah Qurban yang hanya ada setahun sekali.

Menghadapi setiap kesulitan dalam hidup dengan cara mendekati Allah telah dicontohkan oleh para nabi dan rasul. Ada Nabi Ayyub as. yang diuji dengan penyakit, Ada juga nabi Yunus as. yang masuk tertelah oleh ikan paus, Ada nabi Ibrahim yang diuji dengan tidak memiliki keturunan lalu kemudian setelah memilikinya Allah perintahkan untuk diqurbankan. Lantas apa yang mereka lakukan? Para nabi tersebut menambah amal kebaikan serta mendekat diri kepada Allah.

Qurban Bersama Yatim dan Dhuafa

Setiap tahun Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur selalu mengadakan program qurban dan mengusung tema “Qurban Bersama yatim dan Dhuafa”. Dimana seluruh daging qurban yang dipercayakan kepada kami akan disalurkan kepada para yatim dan dhuafa yang tersebar diberbagai tempat binaan yayasan.

Bagi anda yang memiliki niat untuk berqurban bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur bisa datang langsung ke sekretarian pusat yang beralamat di Jl. H. Naman No.60, RT.12/RW.3, Pondok Kelapa, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450. Atau juga bisa menghubungi kami disini.

Leave a Reply