Pilihan sulit! Beli sepeda dulu, atau kurban dulu?

Pilihan sulit! Beli sepeda dulu, atau kurban dulu?

Akhir-akhir ini bersepeda atau nge-gowes menjadi aktivitas yang sangat ngetren. Di jalanan pesepeda tidak kalah banyak dari motor dan mobil yang berlalu lalang. Selain menyehatkan tubuh, bersepeda juga merupakan aktivitas yang dapat menyegarkan pikiran kita ditengah padatnya aktivitas sehari-hari.

Terlebih ditengah pandemi Covid-19 ini, bersepeda merupakan salah satu olahraga yang bisa dikerjakan tanpa harus bersentuhan dengan orang lain dan juga tidak perlu menggunakan alat olahraga yang digunakan untuk umum. Sehingga dengan bersepeda seluruh protokol kesehatan ditengah covid-19 pun dengan mudah untuk dilaksanakan.

Tidak terasa juga waktu berjalan dengan begitu cepat dan sebentar lagi hari raya Idul Adha akan menyapa, yakin gak mau qurban?

Kurban juga tidak kalah pentingnya dari berolahraga atau bersepeda, sebab kurban memiliki banyak manfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Dan salah satu esensi dari qurban ialah berbagi, baik itu berbagi rezeki dengan para petani maupun berbagi daging kurban kepada warga atau masyarakat yang membutuhkan, Yakin gak mau kurban dulu?

kurban dulu atau sepeda dulu

Ditengah pandemi ini, Kurban bisa menjadi salah satu ibadah yang bisa digunakan untuk menolong serta memabntu orang lain. untuk itu marilah sisihkan uang atau harta yang dimiliki untuk membeli hewan kurban terlebih dahulu.

Menjadi hamba yang dicintai dengan berqurban

Salah satu kegiatan atau amalan yang sangat dicintai Allah pada hari raya Idul Adha ialah menyembelih hewan kurban. Untuk itu marilah menjadi salah seorang hamba yang dicintai oleh-Nya dengan berkurban.

Dalam hadits riwayat Imam at-Tirmidzi dan imam Ibnu Majah dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan qurban). Hewan itu nanti pada hari kiamat akan datang dengan tanduk, rambut dan bulunya. Dan pahala qurban yang menetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah. Maka hiasilah dirimu dengan ibadah qurban.”

Sebagai seorang muslim tentunya melaksanakan ibadah kurban bukan hanya sebagai pelepas tanggung jawab semata, melainkan sebuah cara untuk menggembleng diri menjadi seorang insan yang peduli dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sosialnya.

Adapun untuk menjadi seorang hamba yang dicintai oleh Allah bukan hanya semata-mata melaksanakan penyembelihan hewan kurban, melainkan mengambil makna dari kurban itu sendiri dan kemudian mengamalkannya menjadi amal perbuatan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana firman Allah swt. berikut.

bukanlah daging-daging atau darahnya (hewan kurban) yang dapat mencapai keridhaan Allah Swt, akan tetapi ketakwaan dari perbuatanmulah yang dapat mencapainya. (al-Hajj: 37).

Kurban dengan mudah di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur mengadakan program Kurban Bersama Yatim dan Dhuafa’. Dimana program ini terbuka untuk siapa saja yang ingin melaksanakan ibadah kurban. Adapun program yang ditawarkan ialah

Antar Kurban, Bantuan atau hewan qurban dapat diantar langsung ke sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, di Jalan H. Naman no.60 RT/RW 012/003, Pondok Kelapa, Duren Sawit – Jakarta Timur.​​

Jemput Kurban, bagi siapa saja yang ingin berkurban dan tidak memiliki waktu dan kesempatan untuk mengantarkan hewan kurbannya, panitia kurban yayasan siap menjemput hewan kurban anda.

Transfer Kurban, Transfer ke rekening yayasan, pihak yayasan yang akan membelikan hewan qurban.

Beli sepeda, jika rusak akan segera ditinggalkan. Tapi ikut  kurban akan menjadi keberkahan yang tidak ada batasan waktunya. Jangan Ragu-Ragu untuk Menjemput Karunia Allah sekarang juga dengan Qurban anda tahun ini bersama Yatim Dhuafa’ di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Leave a Reply