You are currently viewing Seminggu Lagi Hari Raya Idul Adha, Ini Tips Atasi Bau Prengus Daging

Seminggu Lagi Hari Raya Idul Adha, Ini Tips Atasi Bau Prengus Daging

Seminggu lagi umat islam akan merayakan hari raya Idul Adha tahun 1442 H. Sebelumnya pemerintah resmi menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 11 Juli, artinya hari raya Idul Adha tahun ini jatuh pada tanggal 20 Juli mendatang.

Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan qurban di setiap tahunnya. Secara hukum, menunaikan ibadah qurban hukumnya sunnah muakad, artinya sunnah yang mendekati wajib atau sunnah yang sangat dianjurkan.

Hewan yang telah disembelih dagingnya akan disalurkan kepada orang yang berhak. Perlu diketahui orang yang berqurban juga berhak atas 1/3 daging hewan qurban jika qurban yang ditunaikan bukanlah qurban wajib/nazar.

Hari raya Idul Adha | Tips Olah daging
Tips atasi bau prengus pada daging.

Waktu penyembelihan hewan qurban terdiri dari 4 hari yakni Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah) dan Hari Tasyrik (11,12,13 Dzulhijjah). Dalam waktu empat hari tersebut ibadah puasa haram hukumnya. Sehingga dalam waktu empat hari itu umat islam dapat mencicipi berbagai olahan dari daging qurban yang dibagikan.

Sebelum diolah menjadi menu makan yang lezat, daging qurban biasanya memiliki aroma prengus yang kurang enak. Terlebih daging tersebut adalah daging kambing. Dalam hal ini  sahabat semua harus tahu cara menghilangkan bau prengus pada daging qurban sebelum dimasak menjadi makanan yang lezat.

Ada banyak cara yang bisa sahabat lakukan untuk menghilangkan bau prengus pada daging qurban sebelum dimasak diantaranya sebagai berikut.

1. Hindari mencuci daging yang masih mentah

Mencuci daging mentah sebelum dimasak akan membuat daging menjadi alot dan bau prengus. Bahkan, daging yang dicuci sebelum dimasak cenderung cepat mengalami pembusukan, terlebih pada daging kambing.

Daripada dicuci, sebaiknya daging segera direbus. Cukup rebus daging hingga mendidih kemudian buang air kotornya. Dengan begitu, bau prengus pada daging bisa hilang dan memiliki tekstur yang lebih empuk.

2. Taburi daging dengan garam

Jika daging terlanjur dicuci, taburi daging dengan garam. Bumbu dapur yang satu ini dapat membantu menghilangkan bau prengus pada daging yang tak sedap. Garam dikenal dapat menyerap aroma darah atau amis pada daging.

Caranya, taburkan garam secara merata ke seluruh bagian kambing, lalu diamkan selama 60 menit. Setelah itu, sahabat bisa membersihkan daging menggunakan air dan segera direbus.

3. Lumuri dengan jeruk nipis

Selain dapat menghilangkan bau prengus pada daging, jeruk nipis juga dikenal efektif untuk melunakan daging. Untuk memanfaatkan jeruk nipis ini caranya ialah dengan cara memeras jeruk nipis hingga sari-sarinya keluar. Kemudian baluri daging dengan perasan jeruk tersebut.

4. Bungkus dengan daun pepaya

Daun pepaya dipercaya efektif untuk menghilangkan bau prengus pada daging qurban. Hal itu dikarenakan daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi efektif untuk menetralkan bau pada daging kambing. Selain itu, daun pepaya juga diyakini mampu membuat daging menjadi lebih empuk.

Baca Juga : Karena Ibadah Qurban Bisa Diusahakan

Selain menghilangkan bau prengus pada daging qurban, daun pepaya juga menjadi salah satu opsi untuk menggantikan plastik sebagai pembungkus daging sehingga qurban yang ditunaikan menjadi lebih ramah lingkungan.

5. Rebus daging dengan aneka rempah

Hari raya Idul Adha | Tips Olah daging
Merebus daging adalah opsi terakhir untuk menghilangkan bau prengus pada daging.

Solusi terakhir untuk menghilangkan bau prengus pada daging qurban ialah dengan merebusnya bersama aneka rempah seperti jahe dan kunyit. Aroma jahe dan kunyit yang cukup tajam dapat mengurangi bau prengus sekaligus membuat daging lebih empuk.

Disamping lima cara diatas, masih ada beberapa cara lain yang dapat sahabat lakukan untuk menghilangkan bau prengus pada daging qurban.

Sap berqurban tahun inii? Klik disini

Tinggalkan Balasan