Semua Orang Bisa Melaksanakan  Qurban, Simak Penjelasannya

Semua Orang Bisa Melaksanakan Qurban, Simak Penjelasannya

Ibadah Qurban merupakan salah satu fasilitas yang bisa mengantarkan kita untuk lebih dekat dengan Allah. Qurban juga merupakan ibadah yang ada hanya setahun sekali, hukumnya pun sunnah muakadah, artinya sunnah yang sangat dianjurkan atau sunnah yang mendekati wajib. Jadi dengan ini bagi setiap muslim sangat dianjurkan untuk memaksimalkan usaha agar bisa melaksanakannya.

Tidak semua orang beruntung dan memiliki kesempatan yang sama. Ada yang kaya dan ada juga yang tidak, namun tidak menutup kemungkinan semua orang bisa melaksanakan qurban serta meraih berbagai keutamaannya.  Semuanya tergantung usaha dan niat dalam diri masing-masing.

Ada banyak kisah orang yang memiliki kelapang rizki akan tetapi tidak memiliki kesempatan untuk melaksanakan ibadah qurban, ada juga orang yang memiliki berbagai keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan ia mampu melaksanakan qurban. Jadi bisa dikatakan bahwa semuanya tergantung terhadap niat dan itikadnya masing-masing.

Ketika kita memiliki niat yang baik Allah akan mencatatnya sebagai amal kebaikan meskipun kita belum bisa melaksanakan apa yang telah diniatkan. Begitupun ketika kita berusaha untuk meraih apa yang kita niatkan maka Allah juga akan memudahkan kita dalam meraihnya.

Tips Agar Bisa Berqurban Walau Keadaan Saku Kurang Baik

Qurban erat kaitannya dengan keadaan ekonomi seseorang, akan tetapi semuanya bisa berkurban ketika benar-benar mengusahakannya. Berikut adalah tips agar kita bisa berkurban walaupun keadaan ekonmi kurang baik.

1. Luruskan Niat

Niat merupakan instrument yang sangat penting dalam setiap amal perbuatan seseorang. Amal perbuatan seseorang akan dicatat sesuai dengan apa yang ia niatkan, dan juga seseorang akan mendapatkan apa yang telah ia niatkan tersebut. Begitupun dengan qurban, seseorang akan dimudahkan untuk melaksanakannya sebab ia memiliki niat yang lurus dan kuat.

Dengan niat seseorang akan memiliki tujuan kenapa ia melakukan sesuatu dalam hal ini qurban, selain itu dengan niat juga seseorang akan melakukan usaha yang maksimal agar ia bisa mengejar apa yang ia niatkan. Luruskanlah niat, sebab ketika seseorang telah benar-benar berniat untuk berqurban, ia akan memprioritaskannya, sehingga pengeluaran diminimalisir, kebutuhan-kebutuhan yang kurang mendesak akan dihindari sehingga sebagian uang harta yang dimiliki diarahkan untuk membeli hewan qurban.

2. Tabungan Khusus Qurban

Menabung adalah cara yang paling ampuh agar kita bisa mengumpulkan dana untuk menyembelih hewan Qurban. Kita bisa memulainya dengan cara mengurangi pengeluiarab-pengeluaran yang dirasa kurang penting lalu kemudian menabungkannya untuk membeli hewan qurban. Selain itu bagi orang yang memiliki kecukupan, menabung adalah salah satu cara agar meringankan diri untuk berqurban serta cara agar bisa membeli hewan qurban yang berkualitas.

3. Beli Hewan Qurban Dengan Cara Dipelihara

Membeli hewan qurban untuk dipelihara merupakan cara yang cukup hemat dalam mempersiapkan diri agar bisa berqurban. Kita bisa membeli hewan qurban yang masih kecil dengan harga yang relatif murah lalu kemudian memeliharanya sampai hewan tersebut cukup usia agar bisa diqurbankan.

Adapun bagi sebagian masyarakat yang tinggal di perkotaan mungkin terdapat kesulitan dalam memelihara hewan qurban, dengan demikian seseorang yang membeli hewan qurban dengan cara dipelihara terlebih dahulu bisa menggunakan jasa pelihara hewan ternak kepada para petani yang tinggal dipedesaan.

Diatas adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh seseorang yang menginginkan diri untuk melaksanakan ibadah qurban dalam keadaan ekonomi yang terbatas.

Tabungan Qurban Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Tabungan Qurban adalah sebuah program yang diharapkan dapat memudahkan bagi anda yang menginginkan diri untuk berqurban namun sering terkednalam dalam urusan dana dengan cara menabung setiap bulannya di rekening yayasan. Teknis Penyelenggaraan Program Tabungan Qurban:

  • Niat berQurban sapi atau kambing
  • Mengis formulir kesediaan mengikuti program Tabungan Qurban yang bisa anda isi di bagian bawah ini.
  • Menabung di rekening yayasan dengan cara transfer / pembayaran tunai, lalu kirimkan info pembayaran tunai/transfernya ke nomor 0812-8240-2345 (WA/SMS) atau call ke hotline yayasan 021-86905367
  • Menjelang hari raya Iedul Adha, jumlah tabungan anda akan direkap lalu disesuaikan dengan hewan qurban yang ingin Anda beli. Jika terdapat kekurangannya Anda dapat menambahkan via transfer atau tunai.
  • Pemotongan qurban di hari H.
  • Bukti pelaksanaan pemotongan hewan qurban Anda akan kami kirim melalui email atau kami publish di web Yayasan. www.qurbanku.id dan www.rahmatanlilalamin.or.id

Leave a Reply