Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Berbagi Qurban Di Tengah Pandemi

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Berbagi Qurban Di Tengah Pandemi

Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha serta mensyiarkan ibadah qurban Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur melaksanakan penyembelihan hewan qurban (31/7). Dimana pada pelaksanaan program kurban tahun ini, pihak  yayasan mengangkat tema “Qurban Bersama Yatim dan Dhuafa”.

Meskipun berada ditengah pandemic Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020, Seluruh donatur, pengurus, civitas serta masyarakat sangat berantusias dalam pelaksanaan ibadah qurban tahun ini.

Tercatat ada puluhan ekor sapi dan ratusan ekor kambing yang disembelih di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Hewan-hewan tersebut merupakan donasi dan titipan dari para donatur yayasan.

Mencuci tangan
Salah satu protokol pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yakni sering mencuci tangan

Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurbantahun ini, pihak yayasan menerapkan protokol pelaksanaan kurban ditengah pandemi Covid-19 sesuai anjuran pemerintah setempat, yakni dengan menggelar penyembelihan secara tertutup, membatasi jumlah panitia di dalam ruang penyembelihan, menjaga jarak, menggunakan masker sarung dan sarung tangan serta mengadakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabunnya dalam ruang penyembelihan hewan kurban.

Pelaksanaan kurban ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, aparatur pemerintahan, serta para donatur yayasan. Dalam kesempatan ini, hadir juga Fudji dari Bimaspol Pondok Kelapa untuk melakukan pengontrolan standar pelaksanaan kurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin. Dalam keterangannya, Fudji menyebutkan bahwa pelaksanaan kurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin telah memenuhi protokol pelaksaan qurban ditengah pandemic covid-19.

“Saya sudah cek, ternyata kurban disini telah memenuhi standar protokol kesehatan, dari mulai panitianya yang telah menggunakan masker, sebelum menyembelih dan mengelola daging mereka juga mencuci tangan terlebih dahulu” Ungkap Fudji Bimaspol Pondok Kelapa saat ditemui tim dokumentasi Rahmatan.

Selanjutnya Fudji juga menambahkan, bahwa dalam ruangan penyembelihan hewan qurban yayasan, para panitia serta seluruh petugas tetap melakukan jaga jarak antara masing-masing petugas.

Pendistribusian Daging Kurban

“Pendistribusian daging kurban” di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin juga dilakukan sesuai anjuran pemerintah yakni mendistribusikan langsung ke rumah para penerima manfaat. Para petugaspun tetap menggunakan masker dalam pendistribusian tersebut.

Adapun Target penerima manfaat kurban yayasan tahun ini ialah kurang lebih 2000 yatim dan dhuafa binaan yayasan baik yang berada di sekitar yayasan maupun yang tersebar diberbagai pelosok daerah di 10 wilayah binaan.

Dalam pendistribusian daging kurban, pihak panitia juga menambahkan sejumlah beras bagi mereka para penerima manfaat kurban yayasan, hal ini ditujukan untuk sedikit meringankan dan mencukupi kebutuhan pokok anak yatim dan kaum dhuafa ditengah masa-masa sulit seperti saat ini.

Pelaksanaan kurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin dari awal sampai akhir berjalan dengan khidmat dan lancar, pihak yayasan melalui panitia kurban mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah mempercayakan hewan kurbannya di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur tahun ini.

“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para donatur yayasan yang telah mempercayakan hewan kurbannya untuk disembelih dan disalurkan oleh kami, semoga ibadah kurban semuanya diterima dan menjadi washilah kedekatan dengan-Nya dan juga ditahun yang akan datang kita semua diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah kurban kembali” Ungkap Ketua Panitia Kurban Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Leave a Reply